Sejarah Komputer - Zacky

Sejarah Komputer

Komputer? Semua orang pasti tahu dan pernah memakainya alat yang satu ini, alat yang sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia, seperti mengerjakan tugas sekolah, membantu menyelesaikan laporan, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk saat ini komputer juga bisa menjadi sarana hiburan, seperti untuk bermain game, browsing, streaming atau untuk sekedar online di media sosial. Tapi apa orang juga tahu sejarah dari terciptanya sebuah komputer itu sendiri? Mari kita bahas disini.

Sejarah Komputer

Sebelum membahas tentang sejarah komputer, ada baiknya kita mengetahui definisi dari komputer itu sendiri.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.

Sebenarnya kata komputer digunakan untuk mengambarkan pekerjaan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tapi arti kata komputer telah dipindahkah kepada nama mesin itu sendiri.

Secara luas, komputer dapat didefiniskan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antar komponen satu dengan komponen lainnya. Arti kata komponen disini meliputu : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai pelengkap). Tapi tanpa adanya Printer, komputer masih tetap bisa berfungsi sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out(Kertas).

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer.

Komputer Generasi Pertama
Pada tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer Z3, yang bertujuan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Komputer pada generasi pertama ini dapat dikarateristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

Komputer Generasi Kedua
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio dan komputer. Sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

Komputer Generasi Ketiga
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III dan perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Komputer Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Demikian artikel singkat tentang Sejarah Komputer dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini bila bermanfaat bagi pembaca.

You may like these posts

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik. Terima kasih